Skip to main content

Daun Patikan Kebo dikira rumput liar, ternyata khasiatnya ampuh

Sering Dikira Rumput Liar, Patikan Kebo Berikan Manfaat Ajaib, Salah Satunya Obat Ginjal
Daun patikan kebo adalah sejenis daun dari rumput liar yang banyak ditemukan di sekitar sawah, kebun, atau ladang yang sudah tidak lagi digarap. Daun ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga sudah merambah di Filipina sebagai daun herbal untuk mengatasi demam berdarah.
Daun patikan kebo memiliki ciri khas dengan tanamannya yang menjalar hinggan mencapai ketinggian 25 cm. Daunnya berukuran kecil hijau dan sedikit lebar. Batang tanamannya berwarna ungu kecokelatan. Jika Anda mematahkan batangnya, maka Anda akan menemukan getah berwarna putih dengan tekstur yang encer.
Kandungan senyawa tanin, glukosa, asam forbat, asam melisat, jambulol, sterol, glicosida, flavonoid, dan eufosterol dalam daun ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat daun patikan kebo untuk kesehatan.
1.Meringankan Penyakit Asma
Untuk mengobari penyakit asma, ambil 1 genggam Patikan Kebo kering direbus dengan 2-3 gelas air hingga mendidih, saring dan diminum 2kali sehari 1/2 gelas pagi dan sore hari.
2.Mengobati kencing tidak lancar
Manfaat pertama daun patikan kebo adalah dapat mengobati kencing yang tidak lancar. Caranya siapkan tanaman segar Patikan Kebo tambahkan air secukupnya , direbus. Untuk diminum 2 kali sehari.
3.Mengobati Radang ginjal
Untuk mengobati radang ginjal, anda cukup siapkan Patikan Kebo kering 6-9 gr atau 30-60 gr yang segar direbus , lalu diminum.
4.Mengobati Batuk
Khasiat daun patikan kebo sebagai obat herbal mampu mengatasi batuk, baik itu batuk berdahak maupun tidak berdahak. Caranya ambil 20 gr daun segar Patikan Kebo direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit , setelah itu saring dan diminum sehari dua kali masing-masing setengah gelas.
5.Mengobati Radang Tenggorokan
Tenggorokan yang kering dan gatal akan sangat mengganggu Anda saat bicara ataupun saat makan. Sebelum Anda makan, ada baiknya Anda mencoba rebusan air dari daun patikan kebo untuk membuat tenggorokan Anda lebih fresh.
6.Mengatasi Disentri
Untuk mengobati disentri, caranya ambil tanaman Patikan Kebo 15-25 gr ditambah gula pasir (bila berdarah) atau gula enau (bila berlendir), tambah air secukupnya lalu di tim kira-kira 15 menit. Lalu diminum.
Semoga bermanfaat, jangan lupa like and share ya..trims ^_^
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->